- Tujuan instruksional umum:
- Agar mahasiswa memahami dasar-dasar perancangan sistem interaktif dan konsep dasar Interaksi Manusia dan Komputer, dengan fokus utama pada perancangan antarmuka pemakai termasuk situs Web, dan mampu menilai serta menguji usability sistem interaktif.
- Hasil yang diharapkan:
- Mahasiswa memahami dasar-dasar usability sistem interaktif (knowledge, comprehension)
- Mahasiswa mampu merancang antarmuka pemakai umum yang cukup usable (application, analysis, synthesis)
- Mahasiswa mampu menganalisis antarmuka pemakai, menilai dan menguji usabilitynya (analysis, synthesis, evaluation)
Topik-topik Bahasan
- Faktor manusia pada perangkat lunak interaktif
- Teori, prinsip, dan pedoman
- Proses perancangan dan pengujian
- Alat bantu perangkat lunak
- Manipulasi langsung dan lingkungan maya
- Menu, formulir, dan kotak dialog
- Bahasa perintah dan bahasa alami
- Piranti interaksi
- Gaya presentasi
- Hypermedia dan World Wide Web
- Strategi banyak window
- Computer-Supported Cooperative Work
- Pencarian dan visualisasi informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar